Cara Memgatasi Whatsapp Yang Tidak Keluar Gambar/Video

Inilah Cara Mengatasi Whatsapp
Yang Tidak Keluar Gambar / Video.

Goeboek Reot News.

WhatsApp tidak hanya jadi media untuk melakukan percakapan via text saja, tapi saat ini kita juga menggunakannya untuk mengirim pesan berupa gambar dan video. Mungkin karena WhatsApp sangat ringan dan cepat sehingga kita menyukainya.

Saat menerima pesan berupa gambar dan video, terkadang kita tidak bisa membukanya, padahal sinyal dan jaringan internet bagus. Video dan gambar tidak bisa dibuka saat diklik dan terus saja seperti itu meskipun sudah restart hingga mengganti koneksi intetnet.

Apa yang menjadi penyebab masalah tersebut? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada postingan ini teknosentrik akan coba bagikan beberapa solusi yang bisa dicoba agar gambar dan video di WhatsApp bisa dibuka kembali.

Daftar Isi

1. Reset koneksi internet
2. Restart hp
3. Update aplikasi WhatsApp
4. Kosongkan space memori internal
5. Bersihkan cache thumbnail di gallery
1. Reset koneksi internet
Salah satu penyebab pesan gambar dan video di WhatsApp tak bisa dibuka adalah masalah pada koneksi internet. Terkadang sinyal terlihat bagus (penuh) tapi koneksi internet di hp macet tanpa kita sadari, hal ini sering sekali terjadi pada beberapa merek hp.

Koneksi internet yang macet ini akan membuat semua pesan gambar, foto, gif, dan video tidak bisa dibuka. Proses download selalu gagal setiap kali kita klik pada gambar atau video tersebut.

Satu-satunya cara yang paling gampang untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan reset koneksi internet. Untuk mereset koneksi internet di hp android ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

1. Menggunakan mode pesawat

Caranya:

Tarik bar notifikasi
Tekan mode pesawat
Tunggu hingga mode pesawat aktif dan semua sinyal mati
Non-aktifkan mode pesawat
Tunggu hingga semua sinyal kembali normal, setelah itu koneksi internet akan melakukan restart dan kita mendapatkan IP public yang baru.
2. Menggunakan kode *#*#4636#*#*

Caranya:

Buka dial pad
Tekan kode *#*#4636#*#*
Pilih Phone information 1 atau 2 tergantung dari SIM mana yang digunakan untuk internet
Tarik kebawah hingga menemukan opsi Mobile Radio Power lalu tekan satu kali menjadi Off
Tunggu sebentar hingga sinyal SIM mati
Setelah itu hidupkan kembali Mobile Radio Power
2. Restart hp
Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa membuka foto dan video yang kedua adalah dengan restart hp. Ini merupakan cara paling simpel yang kadang justru work untuk mengatasi berbagai macam error di hp android.

Mungkin saja ada program yang bentrok atau korup sehingga menyebabkan WhatsApp bermasalah. Dengan restart hp, semua program di hp kita akan dimuat ulang, termasuk WhatsApp. Hal ini mungkin bisa mengatasi masalah tersebut.

Coba dulu restart hp-nya lalu coba buka lagi gambar, foto, video, atau gif yang ada di pesan WA, apakah sudah bisa?

Kalau ternyata masih belum bisa, coba lakukan solusi selanjutnya di bawah ini.

3. Update aplikasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp yang sudah usang (outdate) juga bisa menyebabkan error. Jika versi WA yang terinstall di hp kita sudah tertinggal jauh dari versi terbaru saat ini, mungkin sudah saatnya untuk melakukan update.

Langsung saja buka Playstore dan masuk ke bagian My app & games > cari WhatsApp > tekan Update. Tunggu hingga proses update selesai.

Melakukan update WhatsApp ini tidak akan menghilangkan chat dan media yang ada di akun kita, jadi tenang saja. Setelah update selesai coba lagi jalankan WhatsApp dan buka file foto atau video yang tadi tidak bisa dibuka. Jika penyebabnya memang karena aplikasi yang sudah usang seharusnya cara ini bisa jadi solusi.

4. Kosongkan space memori internal
Secara default WhatsApp akan melakukan download foto atau video yang kita klik ke memori internal. Saat memori internal penuh atau space kosong tidak cukup untuk menampung file media dari WhatsApp maka proses download akan gagal.

Solusinya adalah dengan mengecek dulu apakah memori internal di hp kita masih memiliki space kosong atau tidak. Jika ternyata sudah penuh maka ini adalah sumber masalahnya.

Coba hapus dulu beberapa file yang tidak diperlukan atau pindahkan dulu ke memori eksternal. Bisa juga dengan melakukan pembersihan file-file sampah yang membuat memori internal jadi penuh menggunakan aplikasi cleaner.

Setelah di memori internal ada space yang kosong, coba lagi buka WhatsApp dan klik pada foto atau video yang tadi tidak bisa dibuka. Mudah-mudahan berhasil.

5. Bersihkan cache thumbnail di gallery
Tips selanjutnya untuk mengatasi WhatsApp yang tidak bisa download atau membuka foto dan video adalah dengan membersihkan file cache thumbnail yang ada di galery.

File cache ini akan selalu di-generate secara otomatis oleh sistem android untuk mempercepat proses membuka foto. Jika sudah terlalu lama tidak dibersihkan maka bisa saja ada beberapa di antaranya yang korup dan menyebabkan galery tidak bisa berfungsi dengan baik. Hal ini mungkin bisa menyebabkan foto dan video di WhatsApp tidak bisa didownload.

Solusinya adalah dengan membersihkannya menggunakan aplikasi cleaner. Kita bisa menggunakan aplikasi cleaner pihak ketiga yang ada di Playstore atau menggunakan cleaner bawaan dari hp. Biasanya menu cleaner ini ada di Settings > Security > Storage > Clean.

Setelah cache dibersihkan coba lagi buka foto dan video di WhatsApp, apakah sudah berhasil?
*******
©26-07-2019
Padepokan "Goeboek Reot" Wienn

Komentar

Populer Di Goeboek Reot

Bawang Putih Bikin Perkasa

Lukisan dan Wallpaper Abstrak