Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Segudang Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Tubuh.

Jika kamu adalah tipe pria yang gemar mendengarkan musik kamu pantas berbahagia, sebab hal itu mendatangkan berbagai efek positif bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Mendengarkan musik adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus alat terapi yang dapat memicu hormon “baik” pada tubuh manusia dan memberikan rasa rileks, nyaman, tenang dan bahagia.

Nah kali ini sabigaju mau kasih sederet manfaat mendengarkan musik yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ulasannya.

Mengendalikan Nafsu Makan
Fakta menarik, ternyata makan sambil mendengarkan musik dapat dapat mengendalikan nafsu makanmu. Mendengarkan musik bisa membantumu memperlambat gerakan menyantap makanan.

Hal ini tentunya  bisa kamu jadikan sebagai cara alami untuk menurunkan berat badan.

Bahkan dalam penelitian yang dilakukan di Cornell University, New York, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa penerangan ruang yang temaram dan alunan musik jazz, efektif untuk menjaga asupan kalori pada orang-orang yang hobi makanan cepat saji.

Alunan musik jazz yang menangkan membuat otak manusia berada pada tahap rileks. Alhasil, kondisi ini bisa mencegah keinginan untuk makan lebih banyak.

Mengendalikan Emosi saat mengemudi Kendaraan
Mendengarkan musik sambil mengemudi merupakan hal lazim dan sering dilakukan kebanyakan orang.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Musik ternyata dapat membuat pengemudi tidak mengantuk dan suasana hati lebih menyenangkan.

Menyehatkan Otak
Dalam sebuah studi yang dipublikasikan, peneliti dari McGill University di Kanada mengungkapkan bahwa musik bisa mengaktifkan pusat penghargaan (reward center) otak.

Hal ini berguna untuk otak, karena memberikan motivasi yang cukup bagi otak untuk mempelajari informasi baru.

So, tetaplah mendengarkan musik hingga kamu berusia senja. Karena mendengarkan musik pada usia senja dapat membantu dalam mempertahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan.

Membuat  Fokus dalam Menyelesaikan Pekerjaan
Musik juga memengaruhi kinerja fokus otak. Musik yang Anda sukai dapat membantu meningkatkan fokus.

Menurut , asisten profesor program terapi musik di University of Miami, menemukan bahwa individu yang mendengarkan musik yang mereka sukai dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

BACA JUGA:
Menggantikan Obat Penenang
Seringkali pasien merasa cemas, takut dan stres ketika akan sedang menunggu untuk dioperasi. Maka untuk menenangkan pasien sering melibatkan obat penenang namun hal itu kerap menimbulkan sejumlah efek samping.

Tetapi penelitian baru mungkin telah menemukan alternatif. Para ahli percaya bahwa musik yang menenangkan memiliki suara yang sangat definitif.

Seperti yang dinyatakan oleh penelitian Southern Medical Journal, nada yang tidak melibatkan lirik, tidak ada perubahan tempo atau ritme yang signifikan, dan diperkirakan 60 ketukan per menit adalah yang paling efektif dalam mengurangi kecemasan.

Nah semoga artikel ini bermanfaat buat kamu dan jangan lupa untuk  mendengarkan musik berkualitas  yah!

Dapatkan bonus anda disini !!
©2019
Padepokan "Goeboek Reot" Wienn

Komentar

Populer Di Goeboek Reot

Bawang Putih Bikin Perkasa

Lukisan dan Wallpaper Abstrak